Berbisnis Online ala Google

Rabu, 20 Juni 2012

Jenis-jenis Penyakit disekitar kita

Hidup sehat adalah dambaan setiap orang. Namun terkadang tubuh ini menjadi lemah dan jatuh sakit. Ada begitu banyak jenis-jenis penyakit yang menyebar di muka bumi ini. Mulai dari penyakit-penyakit sederhana sampai pada penyakit-penyaki kompleks yang memerlukan penanganan khusus untuk memperoleh kesembuhan.

Penyakit Menular dan Tidak Menular

Ada banyak cara pandang didalam membagi kategori penyakit. Salah satu yang paling sederhana adalah pembagian jenis-jenis penyakit berdasarkan penyakit yang menular dan tidak menular. Setiap kategori penyakit menular dan tidak menular ini banyak sekali jenis-jenisnya.
Penyakit menular adalah penyakit yang bisa membuat orang lain yang sehat terkena penyakit yang sama. Metode penularan penyakit ini bisa melalui berbagai cara, misalnya dengan sentuhan langsung, melalui perantara hewan atau melalui udara. Beberapa contoh penyakit menular adalah cacar air, malaria, demam berdarah, TBC, dan masih banyak lagi lainnya.
Penyakit tidak menular adalah penyakit yang tidak menyebar dan membuat orang lain menderita penyakit yang sama. Penyakit ini biasanya terjadi pada diri sendiri karena adanya ketidaknormalan pada tubuh. Beberapa contoh jenis-jenis penyakit tidak menular antara lain alergi, batuk, sakit perut, sariawan, dan lain-lain.

Pembagian Lain dari Jenis Penyakit

Selain pembagian jenis-jenis penyakit berdasarkan menular atau tidaknya, ada pula pembagian penyakit berdasarkan bagian tubuh yang diserang. Hampir seluruh bagian tubuh bisa diserang penyakit baik itu bagian dalam maupun luar. Beberapa jenis pembagian penyakit ini seperti penyakit kulit, penyakit kelamin, penyakit dalam, penyakit paru-paru, penyakit jantung, dan lain-lain.
Penyakit luar lebih mudah diobati dibandingkan penyakit dalam. Saat terjadi penyakit dalam, harus dilakukan berbagai analisa yang mendalam melalui berbagai pengecekan. Terkadang diperlukan hasil laboratorium untuk memeriksa kondisi darah atau zat-zat lain dalam tubuh.

Hidup Sehat untuk Menghindari Penyakit

Begitu banyak jenis-jenis penyakit yang ada di sekitar kita. Cara terbaik untuk mencegah datangnya berbagai penyakit ini adalah dengan hidup secara sehat. Jauhi berbagai penyebab munculnya penyakit merupakan langkah penting untuk menghindari penyakit-penyakit ini.
Slogan lebih baik mencegah daripada mengobati harus benar-benar kita resapi. Kondisi bumi yang semakin buruk ikut menjadi pemicu hadirnya berbagai penyakit. Oleh karena itu, selain menjaga kesehatan diri, kita wajib untuk menjaga kondisi lingkungan agar tetap kondusif untuk mendukung kesehatan.

1 komentar:

  1. kunjunganku di blog ini sungguh merupakan keberuntungan baru, karena bisa menemukan artikel bermanfat bagi saya, sehingga dapat memberi image baik bagi pengunjungnya? salam sukses :)

    BalasHapus